Share This Post

Opini

Mengajarkan Kejujuran pada Anak, Pentingkah?

mengajarkan kejujuran pada anak-gubukaksara.com

Sebetulnya mengajarkan kejujuran pada anak itu “tidak perlu”. Tidak perlu karena memang sejatinya ketidakjujuran mereka timbul karena mereka hanya meniru. Meniru orang yang lebih dewasa atau bahkan orang tua mereka sendiri. Oleh karenanya sebagai orang tua, GeA Lovers memiliki kewajiban bersikap jujur dalam hidup keseharian. Karena GeA Lovers lah panutan mereka. Jika GeA Lovers bisa maka mereka pasti juga bisa.

Mengajarkan kejujuran pada anak bukanlah tugas berat. Namun bukan juga tugas yang bisa disepelekan. Mengajarkan kejujuran pada anak sejatinya merupakan tugas yang simpel dan sangat mungkin bisa diwujudkan. Namun lagi-lagi orang tua lah yang harus berperan menjadi tokoh utama dalam menerapkan sikap jujur tersebut. Jika GeA Lovers sebagai orang tua belum bisa bersikap jujur, maka jangan harap anak GeA Lovers bisa.

mengajarkan kejujuran pada anak-gubukaksara.com

mengajarkan kejujuran pada anak-gubukaksara.com

Bagaimana mengajarkan kejujuran pada anak

Jika GeA Lovers sebagai orang tua sudah mampu berlaku jujur dalam hidup keseharian sementara anak GeA Lovers belum, maka ulasan berikut ini bisa GeA Lovers terapkan.

1. Berikan pembelajaran akhlak dan pengertian bahwa Tuhan Maha Melihat 

Meskipun segala sesuatunya dimulai dari diri GeA Lovers sendiri sebagai orang tua, namun sejatinya GeA Lovers masih bisa mengusahakannya. Memberikan pembelajaran akhlak dan pengertian adanya kehadiran Tuhan dimana saja diharapkan akan menjadi pegangan bagi anak. Sehingga sewaktu-waktu ada kesempatan untuk berbuat tidak jujur dia bisa mengendalikan dan mencegah dirinya sendiri.

Tanamkan sikap dan rasa takut kepada Tuhan sedari kecil dengan pembelajaran akhlak ditengah keluarga. Dengan begitu GeA Lovers sebagai orang tua akan bisa mengandalkannya untuk berbuat jujur dimanapun dan kapanpun.

2. Berikan pengertian bahwa berbuat jujur adalah perbuatan mulia dan disukai kawan

Dengan memberikan pengertian kejujuran adalah perbuatan yang mulia dan disukai teman diharapakan anak akan mengerti bagaimana caranya dia bersikap. Ia akan termotivasi untuk berbuat jujur karena ia membayangkan jika ia melakukannya maka ia akan disukai dan memiliki banyak teman.

3. Berikan pengertian bahwa kejujuran adalah hal yang paling dibanggakan oleh GeA Lovers sebagai orang tua terhadapnya

Hal tersebut akan memotivasi anak GeA Lovers untuk terus berbuat jujur dalam situasi apapun. Bahkan tanpa pengawasan GeA Lovers sebagai orang tua. Katakan bahwa GeA Lovers akan jauh lebih bangga ketika ia berani jujur daripada sebaliknya. Berikan apresiasi untuk setiap kejujuran yang ia lakukan. Kendalikan amarah dan Jangan pernah luapkan emosi GeA Lovers terhadap tindakan ketidak jujurannya yang terdeteksi.

Jadikan momen itu sebagai kesempatan terbaik GeA Lovers untuk memberikan pengertian-pengertian sebelumnya diatas. Jika anak masih saja mengulangi hal seperti itu maka GeA Lovers sebagai orang tua tidak boleh menyerah. Terus berusaha agar nantinya anak GeA Lovers bisa menerapkan sikap jujur sesuai dengan harapan terbesar GeA Lovers.

Baca juga: Pentingnya menjaga anak dari bahaya narkoba

4. Mulailah dari kehidupan sehari-hari GeA Lovers sendiri

Semua hal diatas tidak akan bisa diterapkan kepadanya secara sempurna jika sikap jujur GeA Lovers sebagai orang tua tidak GeA Lovers tunjukkan. Oleh karenanya mulailah segala sesuatunya dari diri GeA Lovers. Jika GeA Lovers bisa menerapkan kejujuran niscaya ia akan mencontoh dan berubah menjadi jujur dengan sendirinya.

Nah, GeA Lovers demikianlah ulasan artikel  tentang bagaimana mengajarkan kejujuran pada anak yang bisa kami ulas. Mulai sekarang biasakan hidup jujur yuk! Semoga bermanfaat! (rns)

Merasa artikel ini bermanfaat? Silahkan dishare! 🙂

Share This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>