Share This Post

Opini

Hal Berikut Penting untuk Menjaga Anak dari Bahaya Narkoba

menjaga anak dari bahaya narkoba-gubukaksara.com

Pentingnya menjaga anak dari bahaya narkoba. Tidak bisa dipungkiri bahwa akhir-akhir ini orang tua semakin sulit untuk menjaga anak dari hal-hal buruk. Pergaulan yang sudah sedemikian luas dan  arus informasi yang semakin cepat membuat orang tua kewalahan. Narkoba yang seharusnya menjadi barang haram yang tidak boleh sedikitpun tersentuh oleh siapapun kini mudah dijumpai. Mulai dari jenis narkoba yang disulap menjadi jajanan anak sampai yang benar-benar jelas berwujud butiran narkoba.

Tentu sebagai GeA Lovers orang tua yang bukan bagian dari generasi “masa kini” mengendalikan semua yang berhubungan dengan potensi-potensi tersebut adalah hal yang sulit. Terlebih anak di zaman sekarang hampir tidak ada yang tidak memiliki gadget. Tidak bisa dipungkiri bahwa gadget sebagai sarana komunikasi tercanggih abad ini memang menjadi momok tersendiri. Bagaimana tidak, kasus-kasus pelecehan terhadap perempuan dan anak serta peredaran jaringan narkoba kebanyakan dikendalikan oleh sebuah gadget. Oleh karenanya sebagai orang tua GeA Lovers harus lebih bijak dan cerdas dari mereka.

menjaga anak dari bahaya narkoba-gubukaksara.com

menjaga anak dari bahaya narkoba-gubukaksara.com

Kiat penting menjaga anak dari bahaya narkoba

Banyak usaha yang bisa dilakukan oleh GeA Lovers sebagai orang tua untuk menjaga anak dari bahaya narkoba. Beberapa diantaranya akan diulas pada inti artikel ini, yaitu;

1. Tanamkan aqidah dan ilmu agama yang benar 

Menjaga anak dari bahaya narkoba memang tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Perlu kerja keras dan usaha maksimal untuk mewujudkannya. Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah mengusahakan langkah preventif melalui sisi religiusitas sang anak. Bimbinglah anak GeA Lovers untuk memperkuat aqidah dan ilmu keagamaan yang dimilikinya.

Rekomendasikan padanya untuk bergabung dengan komunitas keagamaan atau pengajian anak dan remaja. Bila perlu GeA Lovers lah yang mencarikan untuknya. Dengan berbagai kegiataan positif tersebut harapannya fondasi perilaku akan terbangun dalam diri mereka secara perlahan.

2. Pantau anak dalam memilih teman

Memantau anak dalam memilih teman sangatlah penting. Di usia seorang anak yang sedang mengalami masa transisi dan pubertas, anak biasanya akan lebih dekat dengan teman daripada orangtua mereka. Berbagai macam persoalan dan potensi terjadinya dampak negatif pun mulai dikhawatirkan. Sebagai orang tua GeA Lovers punya andil untuk memantau pergaulan mereka. Atau bila perlu bimbinglah anak untuk menentukan kriteria teman dan menyeleksi siapa saja yang diizinkan untuk menjadi teman dekatnya.

3. Ajari untuk terbiasa memanfaatkan waktu

Secara psikologis seorang anak akan menggunakan sebagian besar waktunya untuk bermain, bersosialisasi dengan teman sebaya dan kegiatan lainnya. Meskipun begitu sebagai orang tua GeA Lovers harus tetap mengajari anak untuk terbiasa memanfaatkan waktu mereka sebaik mungkin. Berilah nasihat seperti, mereka boleh bermain tetapi tetap harus sembari membaca buku dan sebagainya. Usahakan ajari mereka segala sesutau yang menjadikannya pandai memanfaatkan waktu dimana saja berada.

Baca juga: Pentingnya mengenalkan tanaman pada Anak

4. Luangkan quality time dan bangkitkan keceriaan bersama keluarga 

menjaga anak dari bahaya narkoba-gubukaksara.com

Quality time keluarga bahagia-gubukaksara.com via 3.bp

Sesekali sisihkan waktu untuk berkumpul dengan keluarga tercinta. Ajak anak GeA Lovers untuk berinteraksi secara intens dengan anggota keluarga yang lain. Jadikan momen-momen bersama keluarga sebagai cara mengeksplorasi perasaan dan kegiatan harian anak. Dengan bergitu GeA Lovers akan tahu hal-hal apa saja yang sudah dilalui oleh sang anak selama ini. GeA Lovers bisa mengajak anak berlibur ke tempat-tempat yang eksotis dan buat momen quality time keluarga yang jauh lebih indah.

Demikian ulasan tentang pentingnya menjaga anak dari bahaya narkoba yang bisa kami sampaikan.

Semoga bermanfaat! (rns)

Merasa artikel ini bermanfaat? Silahkan dishare! 🙂

 

Share This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>